Jangan Salah! Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Menulis Cover Letter

Premium Photo | Side view woman working on laptop | Work from home jobs,  Working from home, Remote work

Selain hal-hal yang perlu diperhatikan, ada juga hal-hal yang harus dihindari saat menulis surat lamaran. Berikut hal-hal yang harus dihindari saat menulis surat lamaran saat melamar pekerjaan, simak yuk!

 

Hal yang Harus Dihindari Saat Menulis Cover Letter

  1. Salah ketik

Hal pertama yang harus dihindari adalah kesalahan ketik pada surat lamaran Anda, mulai dari salah ketik atau typo, salah mengeja nama orang, bahkan salah ketik pada judul yang salah ketik nama perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengoreksi surat lamaran Anda setelah Anda menulisnya Anda juga dapat meminta orang terdekat Anda untuk mengoreksi surat lamaran Anda sebelum Anda mengirimkannya.

  1. Manfaat yang Diinginkan

Kesalahan berikutnya yang harus dihindari saat menulis surat lamaran adalah berisi tunjangan yang Anda butuhkan, misalnya gaji yang Anda harapkan, bonus, dan tunjangan lainnya. Jika perusahaan tidak meminta Anda untuk menuliskannya, jangan biarkan mereka menulis surat lamaran terlebih dahulu tanpa diminta.

Anda dapat mendiskusikan topik ini setelah Anda melewati tahap wawancara dan bertemu langsung dengan calon pemberi kerja.

  1. Menjelekkan Perusahaan Tempat Kerja Sebelumnya

Jangan sesekali memasukkan itu ke dalam surat lamaran Anda, hindari menjelek-jelekkan pekerjaan lama Anda, mulai dari perusahaan itu sendiri, bos Anda, hingga rekan kerja Anda.

  1. Berbohong tentang Diri Anda

Jangan biarkan itu terjadi karena Anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan, Anda juga berbohong tentang nilai Anda. Baik itu tentang prestasi atau keterampilan Anda, tulislah dengan jujur ​​dan jujur.

Berbohong hanya akan mempersulit Anda di masa depan, karena calon penerima pada akhirnya akan dapat melihat Anda yang sebenarnya.

  1. Informasi Pribadi yang Tidak Terkait

Hal terakhir yang harus dihindari saat menulis surat lamaran adalah memberikan informasi pribadi yang tidak terkait dengan pekerjaan atau perusahaan yang Anda lamar, seperti: tentang situasi keluarga Anda, meskipun perusahaan tidak menginginkannya. Tulis saja yang penting dan terkait dengan apa yang diminta, ya!

 

Susunan Penulisan Surat Lamaran/Cover Letter

Secara umum, surat pengantar yang baik memiliki empat struktur, yaitu:

  1. Judul/Header

Bagian pertama penulisan surat lamaran adalah header, yaitu bagian kepala surat yang sedang Anda tulis. Header berisi nama dan informasi kontak Anda, tanggal surat pengantar dibuat, dan nama orang yang Anda tuju.

Komposisi ini paling penting saat Anda menulis surat lamaran, secara fisik di atas kertas atau di file terpisah, tetapi saat Anda menulis surat lamaran di badan email, Anda tidak perlu menulis nama dan kontak Anda.

  1. Introduction

Setelah Anda menulis judul, bagian selanjutnya dari surat pengantar adalah pendahuluan. Buka bagian ini dengan salam, atau salam yang biasa digunakan dalam surat.

Kemudian Anda dapat menulis tujuan surat lamaran yaitu melamar pekerjaan dan perusahaan yang bersangkutan. Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah Anda menulis bagian pengantar ini di paragraf saja.

  1. Body

Selanjutnya adalah bagian body atau isi surat lamaran. Di bagian ini, tuliskan poin-poin penting dalam diri Anda yang ingin Anda tunjukkan kepada calon penerima.

Di sini Anda dapat mengisi kualifikasi Anda sesuai dengan persyaratan perusahaan tempat Anda melamar. Anda juga dapat menulis tentang kontribusi yang akan Anda berikan kepada perusahaan, bahkan jika Anda merasa ingin menulis banyak di bagian ini, usahakan agar tetap singkat namun jelas.

  1. Penutup

Bagian terakhir dari surat lamaran yang baik adalah bagian penutup. Di bagian ini, beri tahu bahwa Anda mungkin dihubungi untuk diskusi lebih lanjut tentang posisi dan kualifikasi Anda.

Selain itu, Anda juga dapat berterima kasih kepada calon majikan karena telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran Anda.

 

Demikian itulah hal-hal yang harus dihindari dalam menulis cover letter agar lamaran Anda lebih menarik recruiter berserta susunannya yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *